Debu Telah Mengalahkan Kita, Berapa banyak waktu kita terbuang untuk yang tidak bermanfaat?

Mungkin gambar buku dan dalam ruangan

Debu Telah Mengalahkan Kita
Berapa banyak waktu kita terbuang untuk yang tidak bermanfaat?

Nasehat untuk diri kita:
ينبغي علينا أن نستشعر أهمية الوقت وأن نحيي في نفوسنا أهمية القراءة وأن الوقت مهما بالغت فيه فلا تظن أنك فعلت ما فعله الأوائل
Selayaknya bagi kita untuk bisa merasakan pentingnya waktu dan hendaknya kita menghidupkan kesadaran dalam diri kita tentang pentingnya membaca.

Berapa pun waktu yang telah engkau tempuh (untuk membaca kitab) di dalamnya maka jangan engkau mengira bahwa engkau telah melakukan apa yang pernah dilakukan oleh para ulama terdahulu. (Karena ulama terdahulu senantiasa memanfaatkan waktunya untuk yang bermanfaat termasuk di dalamnya membaca kitab yang bermanfaat).

الشيخ ابن عثيمين رحمه الله في إتيانه ورجوعه للمسجد يُقرأ عليه. قُرأ عليه كثير من رسائله فقط في مجيئه وذهابه.
Syaikh Muhammad bin Sholih al Utsaimin rahimahullah datang dan baliknya ke masjid dibacakan padanya berbagai macam risalah, hanya pada datang perginya ke masjid.

Lihatlah para ulama berjibaku dalam memanfaatkan waktunya untuk membaca dan melakukan hal hal yang bermanfaat! !

Masa sekarang orang bisa kuat berjam-jam update status, PP, mengikuti discount lapak online sana lapak sini, meninggalkan kitab kitab di atas rak yang telah dipenuhi dengan debu dan binatang pengumpul debu. Menjamah kitab kitab tersebut lebih cepat dari jamahan tangan kita sendiri. Allahul Musta’an.

Semoga Allah memudahkan kita bisa bercengkerama dengan kitab kitab para ulama terdahulu yang sholih untuk mendulang berbagai faidah ilmiyah sehingga kitapun bisa menjadi lebih faham dengan agama Islam.

Ustadz Abu Usaid Zaki Rakhmawan Hafidzahulloh

COMMENTS