Nasehat Penuh hikmah Dari Syaikh Abdul Bari Al-Madani hafizhahullah ta’ala.

Nasehat Penuh hikmah Dari Syaikh Abdul Bari Al-Madani hafizhahullah ta’ala.


(Di Nukil dari Status Ust Zaki Rakhmawan)
Di ceritakan bahwa ada seorang ikhwan UAE yang bertanya kepada syekh Abdul bari, “Ya Syaikh, engkau setiap hari duduk belajar dan mengajar di masjid ini, lalu dengan apa engkau tinggalkan anak dan istrimu?” Syaikh Abdul Bari hafizhahullah menjawab, “Aku tinggalkan mereka dengan kebarokahan ilmu yang aku ajarkan kepada kalian karena Allah semata.”

Syaikh Abdul Bari al Madany hafizhahullah menjelaskan demikian karena setiap harinya beliau sibuk dengan ilmu, baik membaca dan mengajarkan ilmu. Pagi dan sore sesekali beliau mengecek kebutuhan keluarganya.

Dan kajian beliau hafizhahullah adalah setiap hari kecuali hari jumat adalah libur kajiannya. Dan tidak ada kata penat, bosan dan capek dari bibir beliau hafizhahullah.

Hari libur pun hanya mengikuti hari libur nasional dan setelah selesai libur maka mulai lagi kajian, bahkan ketika libur ied saat itu hanya 3 hari maka setelah 3 haripun langsung kajian dimulai.

Apa yang beliau hafizhahullah ajarkan banyak sekali, salah satunya adalah tentang kedisiplinan dalam meraih kebarokahan ilmu.

Itupun dipraktekkan oleh Syaikh Sholih al Masy’ari hafizhahullah, dari 16 anak beliau…11 nya sudah hafal al Quran. Ya lewat kedisiplinan dalam kebaikan dan ilmu syar’i, itu dapat membawa keluarga kita menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.

Dan semoga kita dapat mengikuti jejak kebaikan dari para ulama dan mengajarkannya kepada keluarga kita dan kaum muslimin.

Sumber : Saleh Bajrie

COMMENTS