Panitia Kajian

Panitia Kajian oh Panitia Kajian…

Sebuah renungan dan nasehat indah tahun 2001

Barakallahu fikum…

Dalam Daurah Islamiyyah Mahasiswa dan Umum angkatan VI di Mahad Aitam Ibnu Taimiyah 1-7 Jumadil Akhir 1422 H/20-26 Agustus 2001
(Setahun setelah balik dari Ma’had Al Irsyad Surabaya)

Saat itu Ustadzana Yazid bin Abdul Qodir Jawaz hafizhahullah memberikan nasehat yang sangat bagus tentang bagaimana seharusnya panitia (EO) dalam memuliakan asatidzh :

  • Harus sigap menanyakan kepada ustadz yang mengajar tentang kebutuhan yang harus dibantu alias peka dengan apa yang dibutuhkan oleh ustadz pengajar e.g minum hangat minum dingin, kipas angin, makanan dll.

  • Tidak boleh memberikan sesuatu apapun sebagai hadiah kepada asatidzh di depan publik (harus sembunyi sembunyi) dan dengan cara yang hikmah. Karena dengan seperti itu kita menjaga kehormatan dari sang Ustadz dan keikhlasannya.

  • Menjadi panitia adalah syarat agar kajian terlaksana, namun kalau kajian sudah berlangsung maka panitia harus duduk di majelis ilmu mendengar dan mencatat materi kajian. Bukan sebaliknya panitia sibuk dengan hal hal sepele yang sebenarnya bukan hal penting. Tetap fokus untuk menimba ilmu. Sekiranya belum bisa fokus 💯% maka bisa Murojaah dengan rekaman kajian. Sesungguhnya panitia kajian adalah orang yang berhak mendapatkan ilmu dan pahala yang paling banyak dibandingkan peserta kajian biasa.

  • Manajemen أي خدمة Ayyu Hidmah apa yang bisa dibantu. Bertanya kepada asatidz apa yang bisa dibantu – menawarkan bantuan bukan nunggu diperintah ( selalu cekatan dan berinisiatif ke depan). Jangan sampai membiarkan ustadz repot sendiri dalam menyiapkan kajian dan panitia hanya bengong terdiam.

  • Jadi panitia tidak boleh mengeluh tapi harus ikhlas berusaha mengharap ridho Allah, karena bisa jadi dengan keikhlasan dalam membantu asatidz maka Allah akan membukakan pintu kebarokah dalam ilmu dan harta dari arah yang tak disangka sangka.

Semoga Allah senantiasa menjaga dan melimpahkan kebarokahan kepada ustadzana Yazid bin Abdul Qodir Jawaz dan keluarga nya serta kaum muslimin.

edisiKangen_MasaPerjuanganTempoDoeloe

📝 Ustadz Abu Usaid Zaki Rakhmawan Hafizhahulloh

COMMENTS