Semangat dan Komitmen dari seorang Murid dapat memberikan kebaikan kepadanya bahkan kepada gurunya

semangat dan komitmen murid kepada guru

Semangat dan Komitmen dari seorang Murid dapat memberikan kebaikan kepadanya bahkan kepada gurunya. (Khulashoh Fawaid Syarah Hilyah Tholibil Ilmi hal 130)


Ada nasehat dari Syaikh Dr. Abdul Bary Fathullah Al Madany hafizhahullah (sekarang pengajar di Universitas Ibnu Suud Riyadh),
Yaitu beliau hafizhahullah pernah mengatakan di kajian beliau di daerah Bahiya Abu Dhabi UAE, tahun 2006 akhir, ketika kajian Fathul Bary. Beliau hafizhahullah berkata:

الثبات نبات

Senantiasa kokoh dan sabar itu akan menghasilkan buah yang terus berkembang

لو كان الشيطان يجلس ويبقى هنا لاستفاد من هذا المجلس

Seandainya syaitan itu mau duduk dan tetap hadir disini tentunya dia akan bisa mengambil faidah dari majelis ilmu ini (yaitu akan tahu dari sisi mana seorang penuntut ilmu akan mudah jatuh tergelincir).

Maknanya adalah perumpamaan syaithon menggoda manusia yang biasa melakukan maksiat atau dosa dan lainnya adalah sangat mudah tidak perlu kerja keras. Misalnya yaitu ketika ada seseorang yang ingin menghancurkan sebuah bangunan yg terbuat dari lidi, maka hanya dengan sekali tiupan maka robohlah bangunan tersebut.

Tapi ketika antum itu berusaha merobohkan bangunan yang dimana pondasi bangunan tersebut kokoh dan kuat, maka tentunya harus punya siasat jitu dari sisi mana bangunan itu bisa dirobohkan. Begitu juga dengan syaithon akan bisa melihat kelemahan setiap orang yang menuntut ilmu syar’i dari sisi sudut pandang manakah orang tersebut akan mudah digoda dan digelincirkan. Padahal akar pondasi aqidah orang yang menuntut ilmu syar’i itu kuat karena dia belajar agar menjadi kuat keyakinannya kepada Allah Dzat satu satunya yang berhak diibadahi dengan benar.

Alhamdulillah (dengan izin Allah) semoga Allah senantiasa menjaga aqidah kita, dengan tidak melakukan syirik, ataupun melakukan amalan-amalan yang mengandung kesyirikan. Akan tetapi terkadang lewat maksiat ini (syahwat) syaitan menghembuskan godaan dari sisi tersebut, itulah tipu daya syaitan kepada kita agar kita jatuh dan sia-sia, bangkrut amalan kebaikan seorang penuntut ilmu.

نسأل الله السلامة والعافية

Kita meminta kepada Allah keselamatan dan penjagaan-Nya.

Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita dan kaum muslimin yang lainnya.”

Faidah dari Kajian Syarah Hilyah Tholibil Ilmi hal 130-131 bersama ustadz Abu Usaid Zaki Rakhmawan hafizhahullah.

Ditulis oleh Akhukum Wijanarko Adi Saputro.
Dan telah dikoreksi oleh Ustadz Abu Usaid hafizhahullah.

10 Syawal 1441 H/1 Juni 2020

COMMENTS