Seorang murid harus sadar dan peka terhadap apa yang dibutuhkan boleh Gurunya

Setahun lalu diminta Syaikh Sholih Al Masy’ary hafizhahullah untuk mencari backup files beliau yang dulu kala pernah dititipkan di back up harddisk ana, ternyata tidak mudah.
Seperti mencari satu jarum di tumpukan jerami karena Syaikh Sholih Al Masy’ary hafizhahullah pun lupa nama file nya hanya ingat tentang isinya.
Bulan ini diminta beliau hafizhahullah mengupdate setting kajian beliau di mixlr, ternyata showreel nya tidak lagi mengupload rekaman kajiannya.

Fawaid disini adalah:
  1. Seorang murid harus sadar dan peka terhadap apa yang dibutuhkan boleh Ustadz/Gurunya dan berusaha untuk membantu semaksimalnya.
  2. Guru guru kita terkadang tidak faham IT dan technical things maka kita harus mensupport mereka dengan seluruh kemampuan yang kita bisa bantu.
  3. Ustadz/guru/Syaikh kita itu harus senantiasa kita doakan kebaikan kepada mereka. Karena berapa banyak kita mendapatkan kebaikan dari Allah atas sebab hantarannya, karena kebaikan guru/ustadz/Syaikh kita.
  4. Perjuangan Ustadz/guru/Syaikh agar kita bisa mendapatkan bekal ilmu dan kefahamannya membutuhkan perjuangan dan pengorbanan yang banyak lagi besar, namun terkadang kita sebagai murid kurang menyadarinya. Namun sayangnya ada saja murid yang salah faham terhadap kebaikan dari sang gurunya. Mereka menghendaki sosok guru yang perfect ๐Ÿ’ฏ namun tidak siap dengan 1% kesalahan sang guru, sehingga bukan mendoakan kebaikan kepada sang guru agar yang 1% bisa di kurangi bahkan hilang. Ironinya terkadang 1% kekurangan tersebut mampu untuk menggerus dan melupakan 99% kebaikan sang guru. (Allahul Musta’an)

Rasulullah Shallallahuโ€™alaihi wassalam bersabda:
ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุชูŽู‰ ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ู…ูŽุนู’ุฑููˆูู‹ุง ููŽูƒูŽุงููุฆููˆู‡ูุŒ ููŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽุฌูุฏููˆุง ู…ูŽุง ุชููƒูŽุงููุฆููˆู‡ูุŒ ููŽุงุฏู’ุนููˆุง ู„ูŽู‡ูุŒ ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ุชูŽุนู’ู„ูŽู…ููˆุง ุฃูŽู†ู’ ู‚ูŽุฏู’ ูƒูŽุงููŽุฃู’ุชูู…ููˆู‡ู
โ€œBarangsiapa yang datang kepada kalian dengan kebaikan maka balaslah ia, jika kalian tidak mendapatkan sesuatu untuk membalasnya maka doakanlah kebaikan baginya hingga kalian merasa telah membalas kebaikannya.โ€ Shohih (HR. Ahmad no. 5365, Abu Dawud no. 5109, An-Nasai no. 2567 Dari Shahabat Ibnu Umar radhiallahu’anhuma, dishohihkan Syaikh Albani dalam Silsilah Ahaadits Ash Shohihah no. 254)

Oleh Ustadz Abu Usaid Zaki Rakhmawan Hafidzahumulloh

COMMENTS (1)